Telah Dibuka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Telah Dibuka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Telah Dibuka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Telah Dibuka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Admin Smanesta 14 February 2023 472 views
Gaess!!!! Ada kabar gembira nih 🥳

Buat teman-teman yang mau melanjutkan kuliah baik di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta, KIP Kuliah sudah dibuka!!!

Dilansir dari laman website resmi PUSLAPDIK (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan), hari ini per tanggal 14 Februari 2023 bertepatan dengan dibukanya Pendaftaran SNBP - SNPMB, sudah mengumumkan bahwa KIP Kuliah resmi dibuka.

KIP Kuliah Merdeka merupakan program pemerintah untuk memberi kesempatan pada murid seluruh Indonesia  dari keluarga tidak mampu menikmati bangku pendidikan di perguruan tinggi. Harapannya, mereka akan memperoleh  pekerjaan yang lebih baik setelah lulus dan dapat mengangkat status ekonomi dan sosial keluarganya di masa depan.

Program KIP Kuliah Merdeka ini dapat menerima semua jalur masuk ke Perguruan Tinggi seperti SNBP, UTBK-SNBT yang diselenggarakan oleh BP3 melalui SNPMB dan Jalur Mandiri untuk masuk Perguruan Tinggi dan Jalur Seleksi Perguruan Tinggi Swasta.

Bila teman-teman berminat, catat jadwalnya ya!

Untuk saat ini jadwal KIP Kuliah baru mengcakup SNBP karena jadwal seleksi yang terdekat baru SNBP, sementar UTBK-SNBT itu pendaftarannya dilaksanakan mulai bulan Maret 2023. Dan untuk seleksi Perguruan Tinggi Swasta itu terakhir jika melihat dari jadwal KIP Kuliah tahun kemarin. Karena proses seleksi swasta itu memang lama. Biasanya dibatasi berdasarkan gelombang. Bahkan ada beberapa Perguruan Tinggi yang masih membuka gelombang terkhir pendaftaran sampai awal bulan September 2023.

Dan teman-teman jangan khawatir karena jadwal KIP Kuliah untuk jalur seleksi lain belum muncul. Karena menurut Abdul Kahar, Kepala Pusat Pelayanan pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), KIP Kuliah menerima semua jenis seleksi masuk Perguruan Tinggi baik Negeri maupun swasta.

“Ingat, KIP Kuliah menerima semua jalur seleksi, jadi kalau gagal di seleksi SNPMB, masih ada seleksi SNBP, dan UTBK-SNBT, juga ada jalur seleksi di perguruan tinggi swasta, bisa di perguruan tinggi akademik atau vokasi“, begitu katanya.

Kepala Pusat Pelayanan pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar, mengajak para siswa yang merasa layak untuk mendapat KIP Kuliah untuk segera mendaftar sedini mungkin, jangan menunggu di hari-hari terakhir masa pendaftaran.

“Ini penting, sebab menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran, ada kemungkinan trafik jaringan membludak sehingga berpotensi terganggu sehingga berpotensi gagal atau tidak bisa submitt, karena itu lebih cepat mendaftar lebih baik,”katanya.

Namun, sebelum mendaftar, dikatakan Abdul Kahar, sebaiknya mulai mencari info persyaratan mendaftar dan segera lengkapi sehingga saat masuk ke sistem KIP Kuliah bisa segera selesai, tidak berulang-ulang.

Yang juga penting disadari siswa calon pendaftar, kata Abdul Kahar, adalah menyadari bahwa kuota KIP Kuliah itu terbatas sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh KIP Kuliah.

“Mungkin data-datanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan,tapi ada juga pertimbangan kelayakan, sehingga KIP Kuliah ini sifatnya kompetitif, “jelasnya.

Hal ini penting disadari para siswa pendaftar agar siap bersaing mengikuti kompetisi yang sehat.

Dan juga ini yang paling penting, teman-teman jangan sampai berpikir untuk tidak melanjutkan kuliah atau pendidikan karena keadaan ekonomi tidak mampu. Berikut ada sebuah kalimat dari salah satu penerima KIP Kuliah yang sangat inspiratif.

“Jangan memutuskan  untuk tidak kuliah hanya karena berasal dari keluarga tidak mampu. Saat ini pemerintah sudah menyiapkan banyak fasilitas, salah satunya KIP Kuliah  bagi siswa yang tidak mampu untuk bisa kuliah, “kata Raeni.

Raeni, seorang anak tukang becak di Kendal, Jawa Tengah yang menjadi sarjana S1 di Universitas Negeri Semarang, dan saat ini sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 di Universitas Birmingham, Inggris. 

Ada lagi Dodi Pranata Wijaya, anak supir truk di Madura yang memperoleh Bidikmisi di Universitas Trunojoyo Madura dan melanjutkan ke jenjang S2 di Amerika dan kini menjadi Staf khusus Menteri Tenaga Kerja setelah sebelumnya menjadi staf khusus menteri Pedesaan, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal.

Ada juga Faron Ali Baihaqi, penerima Bidikmisi di Universitas Mulawarman dan kini sukses menjadi pengusaha perikanan beromzet miliaran rupiah.

Jadi Minesta dalam kesempatan ini mengajak teman-teman untuk memanfaatkan momen ini untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Melihat pentingnya melanjutkan kuliah di perguruan tinggi mengingat di masa depan, persaingan di pasar kerja sangat ketat.

Info lebih lanjut, teman-teman bisa kunjungi laman resmi KIP Kuliah di link ini https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Sumber : https://puslapdik.kemdikbud.go.id/kip-kuliah-merdeka-2023-telah-dibuka-buruan-mendaftar

Komentar

0

There are no comments yet

Tinggalkan Komentar